Kunci Bahagia yang Sangat Sederhana
Wednesday, August 29, 2012, ϟ 0 shout(s)

Ingatkah pada saat situasi-situasi dimana kamu sedang terpuruk kesusahan, kamu tidak kunjung menemukan jalan keluar selain jalan buntu?
Ingatkah pada suatu forum dimana sang pembicara melontarkan pertanyaan "Siapa Ingin Bahagia?" dan semua audience berteriak sambil mengangkat tangannya "SAYA!" .
Ingatkah bagaimana orang-orang bekerja keras untuk memenuhi segala hasratnya dengan mengorbankan orang2 yang disayangnya? waktu nya? bahkan melupakan dirinya sebagai 'manusia' yg diberi harkat dan martabat.

sebenarnya mereka hanya mencari upil.
mereka sedang mencari kebahagiaan.
padahal kebahagiaan itu hanya memerlukan usaha sekecil upil. bahkan lebih kecil lagi.

pada intinya, kebahagiaan itu bisa dicapai dengan sangat sederhana. rahasianya adalah:

SEMUA TERGANTUNG KEPADA STANDAR BAHAGIA YANG KITA BUAT

ketika  kita mnetapkan standar bahagia dengan sangat tinggi, kita akan sulit mendapatkannya. cntoh : kita menetapkan standar bahagia ketika kita mendapatkan nilai rata2 90 pada rapot. kebahagiaan akan tertunda sangat lama. terkadang dalam mencapai kebahagiaan itu kita sampai-sampai harus mengorbankan waktu kita yang tidak sedikit untuk dijajah oleh target besar itu. belajar siang malam sampai larut, tidak memperhatikan asupan gizi dan waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh, keperluan jasmani seperti relaksasi otak pun tidak terpikirkan. bayangkan kemungkinan terburuk --> kita belum bisa mencapainya. kemudian yang terjadi adalah frustasi berlebihan, sedih, dan merasa hancur.Lebih lagi , akhirnya kita tidak jadi bahagia. bayangkan waktu yang menydihkan itu. menyedihkan adalah kita mengrbankan apa yang sebenarnya tidak perlu kita korbankan. tentu tidak ada yang salah dengan target yang kita buat :) namun, akan sangat kasihan sekali psikis kita bila dijajah oleh standar-standar yang semengerikan itu. padahal ketika kita gagal, kita tidak perlu merasa terpuruk. karena kita diijinkan gagal oleh Allah karena ia percaya pada kemampuan kita untuk bangkit dan tidak perlu merasa hancur. dan target besar yang gagal kita wujudkan cenderung akan menjatuhkan mental kita. maka : kita harus meyederhanakan target2 muluk (berlebihan)


tentu kita selalu menginginkan hasil yang maksimal. namun menjajah diri sendiri adalah hal paling 'nggak banget'. ciptakan pola pikir sederhana yang positif, maka hal-hal psitif akan dengan sendirinya datang kepada kita. tidak perlu menargetkan angka pada rapor. yakini bahwa "aku bisa melakukan yang terbaik". dan kita melakukan hal-hal yang akan kita lakukan dengan senang hati. pernahkah kamu merasa dalam kndisi MOOD yang sedang baik dan hal-hal yang kamu lakukan kelihatan sangat menyenangkan? nah, seperti itulah bahagia yang sederhana. posisikan diri agar selalu antusias dengan apa yang akan dihadapi dan lalui dengan senang hati. dengan begitu kita akan jauh dari perasaan tertekan dan terbebani.

conth yang lain. pada saat kita bangun pagi tepat waktu saja sebenarnya kita sudah bisa bahagia. bayangkan bila hari itu adalah hari yang penting kemudian kita terlambat bangun. hari itu akan sangat kacau bukan?

jadi pada intinya :
BAHAGIA ADALAH SESEDERHANA APA KITA MENETAPKAN STANDARNYA, DAN SESERING ITULAH KITA MENJADI BAHAGIA.

dan ketika seorang bertanya "Apakah kamu ingin bahagia?" maka jawaban anda hanyalah "Saya sudah bahagia :)"

berikut adalah beberapa contoh standar bahagia saya hari ini :
  • Saya mendapatkan pesan singkat dari seorang teman dekat ketika saya bangun tidur.
  • Saya bisa mendengar suara seorang teman dekat saya hari ini.
  • Ibu saya mencium pipi saya ketika ia pulang dari kantr.
  • Saya berteriak2 menyanyikan lagu di kamar mandi.
  • Saya bisa mengerjakan soal2 di sekolah.
  • Saya makan kebab dan rti bakpao.
  • dsb.
jadi, bagaimana dengan standar bahagiamu hari ini ? :)

Labels:


new past